Mengatasi Miskonsepsi Pemahaman Siswa MI Al-Hidayah Liang pada Materi Pecahan Melalui Problem Based Learning (PBL) dengan Alat Peraga Bunga

Toekan, Novita Sari (2022) Mengatasi Miskonsepsi Pemahaman Siswa MI Al-Hidayah Liang pada Materi Pecahan Melalui Problem Based Learning (PBL) dengan Alat Peraga Bunga. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (560kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (556kB)

Abstract

Miskonsepsi pemahaman adalah kesalahan memahami konsep, penggunaan konsep yang salah, kekacauan konsep-konsep yang berbeda, dan hubungan konsep yang tidak benar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui lebih dalam tentang miskonsepsi pemahaman konsep pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Liang pada materi pecahan melalui problem based learning (PBL) dengan alat peraga bunga. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, dan dokumentasi untuk menggali data. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam miskonsepsi pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal pecahan yang diberikan. Dalam penelitian ini tes dan wawancara dilakukan pada siswa yang memenuhi karakteristik miskonsepsi pemahaman dalam menyelesaiakan soal pecahan. dari hasil tersebut kemudian digunakan dua subjek yang memenuhi karakteristik miskonsepsi pemahaman. Pembelajaran problem based learning dengan alat peraga bunga dapat mengatasi miskonsepsi siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan semua siswa yang tidak ada lagi ditemukan mengalami miskonsepsi setelah diterapkan pembelajaran problem based learning dengan alat peraga bunga. Hasil tersebut menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah dengan alat peraga bunga miskonsepsi siswa pada materi pecahan dapat teratasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan subjek memenuhi empat indikator miskonsepsi pemahaman yaitu, 1) mampu menjelaskan sebuah konsep yang ada pada soal. 2) ketepatan siswa dalam memberikan contoh dan non contoh. 3) kemampuan siswa dalam memilah dan menggunakan prosedur. 4) ketepatan dalam menerapkan konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdillah, M.Pd, / Kasliyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi Pemahaman, Soal Pecahan, Problem Based Learning (PBL)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:17
Last Modified: 23 Nov 2022 02:17
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2678

Actions (login required)

View Item View Item