Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bangun Ruang Sisi Datar Bernuansa Etnomatematika Siswa Kelas VIII SMP Persiapan Elle Wanua

Rumodar, Sahril (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bangun Ruang Sisi Datar Bernuansa Etnomatematika Siswa Kelas VIII SMP Persiapan Elle Wanua. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SAHRIL RUMODAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran selain tergantung pada pendekatan pembelajaran yang digunakan juga sangat tergantung pada perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa Bernuansa Etnomatematika yang berisi tentang materi Bangun Ruang Sisi Datar sebagai bahan ajar merupakan faktor penting dalam menentukan kesuksesan pelaksanaan kurikulum. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian pengembangan dan model pengembangan Four-D yang dikembangkan oleh S.Thigharajan, Dorothy Sammel, dan Melvyn I.Sammel, yang kemudian dimodifikasi sesuai kebutuhan yang terdiri dari tiga tahap yaitu, tahap Pendefenisian (Define), Perancangan (Design) dan Pengembangan (Develop). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2021sampai dengan 19 Agustus 2021. Uji coba Lembar Kerja Siswa dilaksanakan di SMP Persiapan Elle Wanua dengan tujuan untuk mengetahui proses pengembangan Lembar Kerja Siswa dan kualitas Lembar Kerja Siswa yang sedang dikembangkan. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni lembar validasi, angket respon siswa dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa setelah melakukan uji coba lapangan, produk yang dikembangkan selanjutnya diperbaiki berdasarkan saran dan masukan dari guru matematika dan peserta didik. Jika dilihat dari hasil akhir berdasarkan respon guru matematika dan peserta didik maka produk telah layak digunakan dengan jumlah total yaitu 60 untuk kelas kecil dan skor maksimalnya 66 dengan persentase 80,72%. sedangkan uji kelas besar dengan skor maksimal 65 dengan persentase 83,25 yang dinyatakan sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, S.Pd. M.Pd.I. / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS), Bangun Ruang Sisi Datar Bernuansa Etnomatematika.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:25
Last Modified: 23 Nov 2022 04:25
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2680

Actions (login required)

View Item View Item