Penerapan Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Alat Peraga Papan Sepak Bola pada Materi Suku Banyak untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Leihitu

Mahulauw, Ade Ayuni (2022) Penerapan Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Alat Peraga Papan Sepak Bola pada Materi Suku Banyak untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Leihitu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat siswa melalui penerapan model pembelajaran generatif berbantuan alat peraga papan sepak bola pada materi suku banyak untuk siswa kelas XI SMA Negeri 10 Leihitu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK) yang dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2021 sampai dengan tanggal 22 November 2021 di SMA Negeri 10 Leihitu. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket minat belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif berbatuan alat peraga papan sepak bola dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 10 Leihitu, siswa aktif dalam pembelajaran, dan ada juga dalam menyelesaikan pertanyaan dengan menggunakan alat peraga papan sepak bola siswa yang belum paham mulai paham, siswa berani maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok, dan juga siswa berani dalam menyampaikan argumentasinya. Hasil angket minat belajar dari prasiklus hingga siklus II menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 10 Leihitu mengalami peningkatan. Hasil angket minat prasiklus sebesar yaitu 47,88%, Namun setelah mendapatkan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran generatif pada siklus I, minat siswa meningkat menjadi 51,78%. pada pembelajaran siklus II persentase rata - rata minat siswa kembali mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 51,78% menjadi 72,51%. Adapun aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,09%, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 74,27%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Samad Umarella, M.Pd / Dr. Abdillah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran generatif, Minat Belajar,alat peraga papan sepak bola.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 24 Nov 2022 00:04
Last Modified: 24 Nov 2022 00:04
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2700

Actions (login required)

View Item View Item