Efektifitas Metode Iqra' Dalam Peningkatan Kemampuan Peserta didik Paud di TPQ An-Nur Rumanama Kotawouw Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur

Gurium, Sahabudin (2021) Efektifitas Metode Iqra' Dalam Peningkatan Kemampuan Peserta didik Paud di TPQ An-Nur Rumanama Kotawouw Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SAHABUDIN GURIUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (584kB)

Abstract

Efektifitas Metode Iqra adalah suatu metode al-Qur' an yang menekankan langsung pada latihan membaca di mulai dari tingkat yang sederhana, tahap demi tahap sampai pada tingkatan yang sempurna. Metode lqra' ini dalam prakteknya tidak membutuhkan alat yang bermacam• macam, karena ditekankan pada bacaannya (membaca huruf al Qur'an dengan fasih). Bacaan langsung tanpa dieja. Artinya diperkenalkan nama-nama huruf hijaiyah dengan cara belajar siswa aktif (CBSA) dan lebih bersifat individual. Di mana dalam setiap jilidnya terdapat petunjuk mengajar dengan tujuan untuk memudahkan setiap peserta didik (Santri) yang akan menggunakannya, maupun tenaga pengajar (Guru) yang akan menerapkan metode tersebut kepada peserta didik Paud. Metode lqro ini termasuk salah satu metode yang cukup dikenal dikalangan masyarakat, karena metode ini sudah umum digunakan ditengan-tengah masyarakat Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif dimaksudkan untuk pengukuran yang cennat terhadap fenomena sosial tertentu. Data primer dikumpulkan meJalui metode wawancara sedangkan data sekunder dikumpulkan dengan studi dokumen dan kepustakaan yang relevan dengan permaslahan yang diteliti. Analisis data penelitian kualitatif dapat dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah tenaga pengajar, orang tua, dan peserta didik dan di TPG-TPQ An-Nur Rumanama Kotawouw Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum Efektifitas Metode Iqra yang digunakan oleh tenaga pengajar dalam peningkatan kemampuan baca al-Qur' an untuk peserta didik, paud di TPQ an-Nur Rumanama Kotawouw Kecamatan pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur sudah sangat eefektif. Dari hasil wawancara dan obeservasi menunjukan bahwa peserta didik lebih muda memahami bacaan al-Qur' an menggunakan metode iqro. Metode iqro ini sangat efektif dan mudah dipahami karena membaca tanpa dieja. Artinya diperkenalkan nama-nama huruf hijaiyah dengan cara belajar siswa aktif (CBSA) dan lebih bersifat individual dimana dalam setiap jilidnya terdapat petunjuk mengajar dengan tujuan untuk memudahkan setiap peserta didik (santri) yang akan menggunakannya, maupun tenaga pengajar (Guru) yang akan menerapkan metode tersebut kepada peserta didik paud. Dan juga Orang tua sebagai pendorong dan memotivasi anaknya untuk datang dan belajar di TPQ An-Nur Rmanama. Apa bila sudah ada kemaun dalam diri orang tua maka peserta didik pun akan mengikuti apa yang katakan orang tua. Orang tua merupakan lembaga pendidikan tertua, bersifat informal, yang pertama dan utama dialami oleh anak serta lembaga pendidikan yang bersifat kodrati, orang tua bertanggung jawab memelihara, merawat, melindungi, dan mendidik anak agar tumbuh dan berkembang dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Ummu Sa'idah, M.Pd.I / La Rajab, M.A
Uncontrolled Keywords: Metode Iqro, al-qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 24 Nov 2022 00:34
Last Modified: 24 Nov 2022 00:34
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item View Item