Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Eksponen

Selan, Nuraini (2022) Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Eksponen. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan penalaran merupakan suatu kegiatan berpikir yang mempunyai kerakteristik tertentu dalam menemukan kebenaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Penalaran siswa kelas IX MTs Tarbiyah Tanah Goyang dalam menyelesaikan soal-soal pada materi eksponen. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk melihat sejauh mana kemampuan penalaran peserta didik dalam menyelesaikan soal tentang eksponen. Sampel yang diambil yaitu siswakelas IX MTs Tarbiyah Tanah Goyang. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematika yang ditunjukkan oleh siswa kelas IX MTs Tarbiyah Tanah Goyang di antaranya memiliki kemampuan tinggi S-1 terpenuhi dengan baik yaitu kemampuan menyajikan pertanyaan secara lisan dan tulisan, kemampuan mengajukan dugaan. Melakukan manipulasi matematika, kemampuan menyusun bukti, menarik kesimpulan dari pernyataan, memeriksa kesahihan suatu argumen,menemukan pola atau sifat. Sedangkan kemampuan penalaran S-2 yang ditunjukkan kemampuan penalaran sedang karena hanya tuju indikator yang terpenuhi untuk nomor satu dan untuk nomor dua tidak terpenuhi samuanya dengan baik, yaitu hanya 3 indikator yakni kemampuan menyusun bukti, kemampuan melakukan manipulasi matematika,.dan kemampuan menarik kesimpulan dari pernyataan. Dan kemampuan penalaran rendah yang ditunjukan S-3 karena tidak terpenuhi ke empat indikator tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I M,Pd / Nani Sukartini Sangkala, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran, Eksponen
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 24 Nov 2022 01:48
Last Modified: 24 Nov 2022 01:48
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2709

Actions (login required)

View Item View Item