Pelaksanaan pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Tinjau dari Literasi membaca dan Literasi Digital Pada masa pandemi di SMA Negeri 13 Ambon dan SMK Muhammadiyah Ambon

Mahu, Faija (2022) Pelaksanaan pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Tinjau dari Literasi membaca dan Literasi Digital Pada masa pandemi di SMA Negeri 13 Ambon dan SMK Muhammadiyah Ambon. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN, DLL.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FIZAH MAHU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19, pada pelaksanaan pembelajaran daring sekolah SMA Negeri 13 Ambon menggunakan aplikasi Google Meet dan SMK Muhammadiyah Ambon menggunakan aplikasi Zoom. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Waktu penelitian berlangsung selama 1 bulan, informan dalam penelitian adalah Kaur Kurikulum, guru pendidikan agama Islam 4 orang, siswa SMA Negeri 13 Ambon (40 siswa: 24 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan) SMK Muhammadiyah Ambon (40 siswa: 24 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik persentase dan analisis kualitatif teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan cara Reduksi data, Penyajian data, dan Kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid -19 di SMA Negeri 13 Ambon dan SMK Muhammadiyah Ambon sudah terlaksana cukup baik, dalam pelaksanaan pembelajaran daring media yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu Power Poind, video pembelajaran, penilain, dan evaluasi. Literasi membaca pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 13 Ambon menunjukan 23 siswa (57,5% ) berada pada kategori baik. Pada SMK Muhammadiyah Ambon, 21 siswa (52,5%) berada pada kategori baik sekali. Literasi digital di SMA Negeri 13 Ambon 26 siswa (65%) berada kategori Baik. SMK Muhammadiyah Ambon 19 siswa (47,5%) berada kategori Baik. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran daring yaitu sarana-prasarana yang cukup memadai dalam pelasanaan pembelajaran tersedianya laboraturium komputer, Wifi, penerimaan bantuan pulsa data gratis, dan buku paket. Faktor penghambat diantaranya peserta didik yang tidak memiliki handphone android untuk mengakses internet, jaringan internet yang tidak stabil, kurangnya jumlah buku paket, dan kurang motivasi belajar bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Adam latuconsina, M.Si, / Dr. Anasufi Banawi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan pembelajaran Daring, Literasi Membaca, Literasi Digital
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:46
Last Modified: 25 Nov 2022 01:46
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2719

Actions (login required)

View Item View Item