Pembinaan Nilai Religius Dalam Pembelajaran PAI Bagi Siswa Muslim di SMP Negeri 5 Taniwel

Latulumamina, Sintia (2022) Pembinaan Nilai Religius Dalam Pembelajaran PAI Bagi Siswa Muslim di SMP Negeri 5 Taniwel. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1). Untuk mengetahui Bagaimana Pembinaan Nilai-nilai religius siswa Muslim dalam Pembelajaran PAI (2). Untuk mengetahui Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses Pembinaan Nilai-nila Religius pada Pembelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang menjadi sumber data dalam penelitian ini diantaranya adalah: 1 guru Pendidikan Agama Islam dan 20 siswa muslim. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dengan reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan temuan data dalam penelitian ini dimulai dengan penyajian keabsahan data, triagulasi kemudian penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada 5 nilai-nilai yang ditanamkan kepada para siswa muslim, yaitu nilai iman, taqwa, syukur, tawadhu, jujur. Dari ke 5 nilai tersebut peneliti menggolongkan ada yang masuk pada nilai akidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Pembinaan nilai religius pada proses pembelajaran PAI menggunakan strategi ekspositoris, seperti membaca doa sebelum dan sesudah belajar, membaca Al-Qur’an, shalat dzuhur berjamaah dan Merayakan hari-hari besar Islam. Faktor pendukung pembinaan nilai-nilai religius dalam pembelajaran PAI adalah minat siswa terhadap bidang keagamaan meningkat, kerjasama antar guru, peraturan sekolah yang dibuat dan dijalankan dengan baik. Faktor penghambat dalam pembinaan nilai-nilai religius dalam pembelajaran PAI adalah tidak ada mushola untuk sholat, waktu pelajaran PAI yang kurang, lingkungan pertemanan, dan guru PAI hanya 1 orang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Nursaid, M.Ag. / Hayati Nufus, M.A.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Nilai Religius
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:06
Last Modified: 28 Nov 2022 02:06
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2733

Actions (login required)

View Item View Item