Kelian, Harja (2022) Pengaruh Kecemasan Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajaran Matematika Di Kelas VII SMP Negeri 16 Seram Timur. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Kecemasan terhadap matematika tidak bisa dipandang sebagai hal biasa, karena ketidakmampuan peserta didik dalam beradaptasi pada pelajaran menyebabkan peserta didik kesulitan serta fobia terhadap matematika yang akhirnya menyebabkan hasil belajar dan prestasi menurun. Perasaan takut atau tegang dalam menghadapi suatu persoalan tersebut disebut kecemasan. Dalam proses pencapaiannya, prestasi belajar sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor utama yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran adalah keberadaan guru. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui mengetahui pengaruh kecemasan peserta didik terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 16 Seram Timur dan besar pengaruhnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil analisis menunjukkan pengaruh antara kecemasan terhadap prestasi belajar peserta didik siswa kelas VII SMP Negeri 16 Seram Bagian Timur. Besar pengaruh antara kecemasan terhadap prestasi belajar peserta didik adalah 0.491.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Djamila Lasaiba, M. A / Pembimbing II : Yuli Hastuti, M. Si |
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan, Peserta Didik, Prestasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 00:02 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 00:02 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2743 |
Actions (login required)
View Item |