Proses Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII MTs. Nurul Huda Limboro

Ibrahim, Wa Ani Ishak (2021) Proses Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII MTs. Nurul Huda Limboro. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan peserta didik dalam menemukan banyak kemungkinan jawaban terhadap soal-soal matematika yang diberikan oleh guru, terutama terkait permasalahan Open-Ended materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan masalah Open-Ended pada materi teorema pythagoras. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di MTs. Nurul Huda Limboro, dengan jumlah subjek yang diambil yakni 2 orang siswa dari keseluruhan jumlah 23 orang siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes essay dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan datanya melalui proses tes, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, proses berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan masalh Open-Ended cenderung telah dapat dipenuhi oleh kedua peserta didik baik dalam menyelesaikankan soal yang diberikan, karena dalam penyelesaian soal tes dan wawancara kedua siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan baik dan benar terkait materi teorema pythagoras. Selain itu, kedua siswa tersebut juga dapat memenuhi 6 indikator proses berpikir kritis dalam menuliskan apa yang ditanyakan soal dengan jelas dan tepat, menuliskan hubungan konsep-konsep yang digunakan dalam menyelesaikan soal, menuliskan penyelesaian soal, menyimpulkan apa yang ditanyakan secara logis, memberikan alasan tentang kesimpulan yang diambil, serta melihat kembali jawaban yang diberikan/dituliskan. Perbedaan proses berpikir kritis kedua siswa yakni siswa kedua keliru dalam menuliskan penempatan simbol ABCD pada setiap sisi trapesium namun nilai-nilai dari setiap sisi yang diberikan sudah benar, akan tetapi jawabannya menjadi benar setelah diklarifikasi atau direfleksi saat wawancara, sedangkan siswa pertama proses penyelesaian soalnya sudah benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdilla, M. Pd / Pembimbing II : Syafruddin Kaliky, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Masalah Open-Ended Teorema Pythagoras
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 30 Nov 2022 01:45
Last Modified: 30 Nov 2022 01:45
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2769

Actions (login required)

View Item View Item