Studi Komparatif Prestasi Belajar Antara Peserta Didik Yang Berlatar Belakang MTs Dengan Peserta Didik yang Bukan Berlatar Belakang MTs pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas X MA Nadil Ulum Ory

Rumbia, Erman (2022) Studi Komparatif Prestasi Belajar Antara Peserta Didik Yang Berlatar Belakang MTs Dengan Peserta Didik yang Bukan Berlatar Belakang MTs pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas X MA Nadil Ulum Ory. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ERMAN RUMBIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana deskripsi prestasi belajar peserta didik yang berlatar belakang MTs dengan peserta didik yang bukan berlatar belakang MTs dalam mata pelajaran Akidah Akhlak semester II (genap) di Kelas X MA Nadil Ulum Ory dan apakah terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik yang berlatar belakang MTs dengan peserta didik yang bukan berlatar belakang MTs dalam mata pelajaran Akidah Akhlak semester II (genap) di Kelas X MA Nadil Ulum Ory. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif, dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, pengambilan nilai dan dokumentasi. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu 24 peserta didik kelas X, sampel peserta didik yang berlatar belakang MTs 12 peserta didik dan yang bukan berlatar belakang MTs 12 orang. Sementara itu dalam pengelolaan data digunakan metode statistik dengan analisis SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Akidah akhlak peserta didik berlatar MTs diperoleh nilai mean adalah 80, modus adalah 80, median adalah 80 dan standar deviasinya adalah 4,76. Hal ini membuktikan bahwa variabel latar belakang pendidikan yaitu peserta didik alumni MTs memiliki nilai yang baik dalam mata pelajaran Akidah akhlak di kelas X MA Nadil Ulum Ory. Nilai tersebut berada diatas standar KKM yaitu 75 yang ditetapkan dalam mata pelajaran tersebut. Selanjutnya hasil belajar Akidah akhlak peserta didik berlatar belakang bukan MTs diperoleh nilai mean adalah 79,58, modus adalah 75, median adalah 75 dan standar deviasi adalah 4,98. Hal ini membuktikan bahwa variabel latar belakang pendidikan yaitu peserta didik berlatar belakang bukan MTs tidak mengalami perbedaan dengan yang bukan alumni hal ini pada mata pelajaran Akidah akhlak. Nilai tersebut berada pada standar KKM yaitu 75 yang ditetapkan dalam mata pelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Prof. Dr. Idrus Sere, M.Pd.I / Mokhsin Kaliky, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Akidah Akhlak, Peserta Didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 30 Nov 2022 01:53
Last Modified: 30 Nov 2022 01:53
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2770

Actions (login required)

View Item View Item