Aprilia, Sri Rahma (2022) Analisis Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Dalam Pengembangan Usaha Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Pada Wara Hidroponik Garden). Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (875kB) |
|
Text
BAB, I, III, V.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II,IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis strategi pemasaran sayuran hidroponik di Wara Hidroponik Garden dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam dalam pengembangan usaha sayuran hidroponik di Wara Hidroponik Garden. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yakni metode penelitian yang memberikan gambaran tentang situasi dan kejadian secara faktual mengenai fenomena yang terjadi di lapangan. Waktu penelitian dari tanggal 10 Maret sampai dengan 10 April 2022. Adapun tehnik yang digunakan dalam penelitian yakni wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan realitas yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian terkait analisis strategi pemasaran sayuran hidroponik terhadap pengmbangan usaha di Wara Hidroponik Garden ditinjau dari ekonomi Islam, menunjukkan bahwa Strategi pemasaran dalam pengembangan usaha sayuran hidroponik masyarakat di Wara Hidroponik Garden yang dilakukan namun belum terlaksana secara maksimal dikarenakan pemilik usaha sayuran hidroponik belum memasukan atau mendistribusikan sayuran hidroponik ke swalayan, mall dan atau restoran serta rumah makan, atau memublikasikan ke media cetak maupun elektronik namun hanya melalui saluran publikasi dari pelanggan (mulut ke mulut) dan online (WA/FB) dan menanam dengan metode hidroponik sangat cocok diterapkan di wilayah dengan area lahan yang sempit seperti di wilayah desa Batumerah kota Ambon ini. Tinjauan ekonomi Islam dalam pengembangan usaha sayuran hidroponik pada masyarakat di Wara Hidroponik Garden sangat baik dalam memaksimalkan setiap peluang dalam mengembangkan usaha yang ada karena agama Islam selalu menghendaki agar umatnya melakukan kegiatan muamalah (bisnis) yang halal dan baik. Oleh karena makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu akan menjadi keberkahan termasuk dalam usaha sayuran hidroponik di konsumsi pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Mar'atun Shalilah, M.Si / Fatmah Watty Pelupessy, MM |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Sayuran Hidroponik, Pengmbangan Usaha Tinjauan Ekonomi Islam |
Subjects: | Ekonomi Islam Ekonomi Syariah IAIN Ambon > Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Berdasarkan Subyek > Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 00:00 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 00:00 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2788 |
Actions (login required)
View Item |