Strategi Pemasaran Industri Rumahan Bisnis Syariah (Study Analisis Industri Parang di Desa Iha, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah).

Leatemia, Mariyam (2022) Strategi Pemasaran Industri Rumahan Bisnis Syariah (Study Analisis Industri Parang di Desa Iha, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah). Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
MARIYAM LEATEMIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa dimana pandai besi/parang masih menemukan kendala dalam pemasaran parang dalam mengembangkan usahanya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari orang (subyek) itu sendiri. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Iha Kecamatan Saparua Timur Kabupaten Maluku tengah selama 1 Bulan. Berdasarkan hasli penelitian diketahui bahwa strategi pemasaran industri rumahan bisnis Syariah pada pandai besi/parang di Desa Iha, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah yaitu (1) Segmentasi dengan menjual produknya diwilayah setempat atau menjual ke pemesanan yang telah dipesan (2) Target pasar, yaitu pada masyarakat yang mempunyai aktifitas menggunakan parang seperti berkebun atau masyarakat yang bertani (3) Posisi pasar, yaitu produsen parang menciptakan produk/parang yang tebuat dari besi yang kuat tanpa ada kerusakan dan juga menciptakan produk yang berkualitas sehingga mendapatkan penilaian yang positif di pasaran. (4) Pengembangan Pasar, yang terdiri dari strategi produk, strategi harga, tempat/distribusi, dan strategi promosi. Perspektif bisnis syariah tentang strategi pemasaran industri parang sudah sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam yang dipakai dalam strategi pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Mohammad H. Holle, M.Si / Muammar W. Maruapey, MM
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemesaran, Industri Parang
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
IAIN Ambon > Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Berdasarkan Subyek > Manajemen Bisnis Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 05 Dec 2022 23:23
Last Modified: 05 Dec 2022 23:23
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2806

Actions (login required)

View Item View Item