Penerapan Pendekatan Stem (Science Technology Eingineering And Matematich) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Kalor dan Perpindahannya di Mts Negeri Ambon

Lausepa, Fatima (2022) Penerapan Pendekatan Stem (Science Technology Eingineering And Matematich) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Kalor dan Perpindahannya di Mts Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (576kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan STEM di MTs Negeri Ambon. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri Ambon yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi: tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada akhir siklus tindakan, dan lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui tahap-tahap kegiatan/aktivitas siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi kalor dan perpindahannya masih rendah sebelum diterapkannya pendekatan STEM yaitu, dari 20 siswa yang tuntas berjumlah 2 orang sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 18 orang dengan rata-rata kelas yaitu 37,35. Hasil belajar siswa pada materi kalor dan perpindahnnya setelah diterapkannya pendekatan STEM pada siklus I yaitu, dari 20 siswa yang tuntas berjumlah 12 orang sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 8 orang dengan nilai rata-rata kelas yaitu 67,7 dan tes siklus II yaitu, 20 siswa tuntas dengan nilai rata-rata yaitu 90.95. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan STEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi kalor dan perpindahannya di MTs Negeri Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Muhammad Rijal, M.Pd / Mawar Indayani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Science Technology Eingineering And Matematich, hasil belajar siswa
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Tadris IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Berdasarkan Subyek > Tadris IPA
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 20 Dec 2022 05:03
Last Modified: 20 Dec 2022 05:03
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2838

Actions (login required)

View Item View Item