Lestari, Dian (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Ibadah Shalat (Kajian Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka Pada Q.S An-Nisa’ : 103, Luqman: 17, dan Al-A’la: 14-15). Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (588kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (287kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (405kB) |
Abstract
Skripsi ini berkenaan dengan studi tentang: Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam ibadah shalat (Kajian Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka pada Q.S An-Nisa’: 103, Luqman: 17, dan Al-A’la: 14-15. Tujuan penelitian yaitu: untuk Menjelaskan penafsiran Buya Hamka tentang ibadah shalat yang terkandung dalam tafsir Al-Azhar pada Q.S An-Nisa’: 103, Surah Luqman: 17, dan surah Al-A’la: 14-15. Menjelaskan nilai-nilai pendidikan dalam ibadah shalat yang terkandung didalam tafsir Al-Azhar pada Q.S An-Nisa’: 103, Surah Luqman: 17, dan surah Al-A’la: 14-15. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi pustaka (Library research) di karenakan sumber data-datanya diambil dari pustaka. Adapun analisis makna Q.S An-Nisa’: 103, Luqman: 17, dan Al-A’la: 14-15 digunakan metode penafsiran tahlili. Dimana tafsir tahlili adalah ilmu tafsir yang menafsirkan ayat-ayat suci al-Qur’an secara berurutan dari ayat perayat sesuai urutan mushaf. Menjelaskan ayat secara detail yang meliputi beberapa hal antara lain, isi kandungan, asbabun nuzul, mufrodats, dan lain-lain. Penelitian ini dilaksanakan sejak 1 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Hasil penelitian menujukan bahwa nilai-nilai pendidikan dalam ibadah shalat menurut Tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka pada Q.S An-Nisa’:103, Luqman: 17, dan Al-A’la: 14-15 sebagai berikut: Penafsiran Buya Hamka tentang nilai-nilai pendidikan dalam Q.S an-Nisa: 103, Luqman: 17 dan al-A’la: 14-15 ialah Shalat merupakan ibadah yang paling penting bagi umat islam. Hamka menafsirkan bahwa hal yang paling penting dari shalat adalah dengan mengingat Allah, serta dengan mengerjakan shalat diawal waktu yang sudah di tetapkan. dengan shalat dapat memcegah seseorag untuk melakukan hal-hal yang munkar, dan lebih megerjakan yang ma’ruf. Oleh karena itu dengan melakukan Shalat dengan khusyu dan dikerjakan awal waktu maka dapat menghilangkan sifat kekhawatiran, cemas, gelisah, serta seluruh perbuatan keji dan munkar dapat di sembuhkan dengan melakukan shalat. Nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah shalat pada Q.S an-Nisa: 103 yaitu: a). nilai keimanan, b). nilai kedisiplinan. Surah Luqman: 17 terdapat nilai pendidikan: a). nilai akhlak, b). nilai kesabaran, nilai akidah. Surah Al-A’la: 14-15 terdapat nilai pendidikan: a). nilai kesucian, b) nilai akidah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Yusuf Abdurrahman, M.Ag / Dr. Maimunah, MA |
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan, Ibadah Sholat, Tafsir Al-Azhar |
Subjects: | Al-Qur'an Al-Qur'an Pendidikan Agama Islam Tafsir Hadits |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 01:48 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 01:48 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2847 |
Actions (login required)
View Item |