Analisis Gaya Kognitif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Teorema Pythagoras Siswa Kelas VII MTs Al-Hilaal Morella

-, Hardiman (2021) Analisis Gaya Kognitif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Teorema Pythagoras Siswa Kelas VII MTs Al-Hilaal Morella. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HARDIMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hasil survei PISA pada bidang matematika menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat ke 64 dari 65 negara. Hal ini merupakan masalah dalam bidang matematika bagi siswa khususnya di Indonesia. Oleh karena itu, problem solving sangat penting dalam pelajaran matematika, mengingat masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam mengkonstruksikan dan mengaplikasikan ide-ide dalam problem solving matematika. Hal ini dipengaruhi adanya gaya kognitif siswa. Gaya kognitif secara lebih spesifik dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar meliputi field dependent dan field independent, keduanya akan menjadi fokus dalam penelitian ini. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gaya kognitif siswa dalam memecahkan masalah pythagoras siswa kelas VII MTs Al-Hilaal Morella. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 2 Agustus sampai 2 September Tahun 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Hilaal Morella sebanyak 4 orang, yang masing-masing memiliki gaya kognitif FD dan FI. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kognitif FD dan FI cenderung memenuhi semua indikator, dan ada perbedaan dalam cara menyelesaikan soal dari FD dan FI. Siswa yang tergolong FD yang diwakili CAM dan RR, dalam memecahkan masalah cenderung bergantung pada lingkungan serta cara yang digunakan sesuai dengan cara yang diajari guru, hingga terstruktur sampai pada proses pembuktianpun dilakukan dengan baik. Sementara untuk siswa FI yang diwakili oleh NPI dan RS, dalam menyelesaikan masalah cenderung dapat mengandalkan kemampuan sendiri dan tidak terlalu bergantung pada cara yang diajarkan guru. Hal ini tampak dari hasil pekerjaan penyelesaian siswa FI, tidak terstruktur dan tidak ada pembuktian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti M.Pd / Syafruddin Kaliky M.Pd
Uncontrolled Keywords: Gaya Kognitif, Pythagoras
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 28 Dec 2022 01:47
Last Modified: 28 Dec 2022 01:47
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2857

Actions (login required)

View Item View Item