Kelrey, Siti Nur (2022) Strategi Bertahan Pedagang Konvensional di Tengah Perkembangan Online shop Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Pedagang Pakaian di Maluku City Mall (MCM) Ambon). Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (614kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (133kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (170kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (42kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (385kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bertahan pedagang konvensional pada masa pandemi Covid-19 khususnya pedagang pakaian di Maluku City Mall (MCM) dalam perkembangan online shop. Selain itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran online shop dalam strategi bertahan pedagang konvensional pada masa pandemi Covid-19 khususnya pedagang pakaian di Maluku City Mall (MCM) Ambon Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan tehnik analisa yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa strategi bertahan yang dilakukan oleh para pedagang pakaian meliputi strategi bersaing deferensiasi pola bertahan yang dilakukan dengan menawarkan barang dagangan kelontong kepada pangsa pasar yang lebih sempit dalam hal ini konsumen serta memperhatikan pelayanan bagi pembelinya, menjaga kualitas pelayanan dan dagangan serta membuat tempat atau kios dagangannya selalu bersih. Strategi bertahan lainnya yang dilakukan adalah bersaing dengan fokus biaya yang dilakukan dengan cara meminimalisir pengeluaran keluarga serta menawarkan produk barang dagangan dengan harga rendah dari harga sebelumnya. Selain itu pedagang pakaian pada toko konvensional MCM Ambon juga yang melakukan pengurangan karyawan sebagai upaya mengurangi biaya lebih untuk membayar gaji karyawan. Strategi bertahan lainnya yang dilakukan adalah menggunakan jaringan kerja yakni dengan cara memanfaatkan jaringan sosial yakni memanfaatkan hubungan contohnya hubungan yang baik antara pedagang dengan pembeli.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. M. Ridwan Tunny, M.Si / Iin Candradewi S, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Pedagang Konvensional, Online Shop |
Subjects: | Sosiologi Agama IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Sosiologi Agama |
Divisions: | Berdasarkan Subyek > Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Sosiologi Agama |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 03:39 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 03:39 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2885 |
Actions (login required)
View Item |