Penerapan Model Pembelajaran Round Club Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di MA Negeri Maluku Tenggara

Rabrusun, Rismala Dewi (2022) Penerapan Model Pembelajaran Round Club Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di MA Negeri Maluku Tenggara. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)

Abstract

Salah satu problematika dalam pendidikan kita adalah lemahnya proses belajar mengajar dan model pembelajaran yang terlalu monoton. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas XI yang diajarkan dengan model pembelajaran Round Club di MA Negeri Maluku Tenggara. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI di MA Negeri Maluku Tenggara yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini meliputi: tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada akhir siklus tindakan, dan observasi yang digunakan untuk mengetahui tahap-tahap kegiatan/aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan makanan masih rendah sebelum diterapkannya model pembelajaran Round Club yaitu, dari 20 siswa yang tuntas berjumlah 2 orang sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 18 orang dengan rata-rata kelas yaitu 52. Hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan makanan setelah diterapkannya model pembelajaran Round Club pada siklus I yaitu, dari 20 siswa yang tuntas berjumlah 17 orang sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 3 orang dengan nilai rata-rata kelas yaitu 85. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Round Club dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa karena model pembelajaran ini berpusat pada siswa dan dapat melibatkan siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Muhammad Rijal, M.Pd / Nana Ronawan Rambe, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Round Club, Hasil Belajar Kognitif.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 09 Jan 2023 00:49
Last Modified: 09 Jan 2023 00:49
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2894

Actions (login required)

View Item View Item