Laitupa, Fatmawati (2022) Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Materi Operasi Pecahan Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Islam. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I pdf.pdf Download (637kB) |
|
Text
BAB II pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
|
Text
BAB III pdf.pdf Download (634kB) |
|
Text
BAB IV pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V pdf.pdf Download (144kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf Download (412kB) |
|
Text
LAMPIRAN pdf.pdf Download (5MB) |
Abstract
Blended Learning adalah model pembelajaran yang dilakukan baik secara daring maupun secara konfensional (tatap muka). Implementasi dari model pembelajaran blended learning pada penelitian ini adalah materi yang disusun dengan memadupadankan materi zakat dengan materi operasi pecahan. Penelitian ini dilakukan agar dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa pada materi operasi pecahan yang terintegrasikan nilai-nilai Islam dengan menggunakan model pembelajaran blended learning. Kemampuan literasi kemampuan siswa dikatakan baik apabila siswa mampu mengkomunikasikan, menggunakan matematisasi, membuat representasi, bernalar dan berargumen serta menggunakan bahasa dan operasi simbolik dalam berbagai konteks. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII semester I MTs Negeri Ambon Tahun Akademik 2022-2023 sebanyak 40 orang. Objek penelitian adalah kemampuan literasi matematika siswa. Waktu pelaksanaan penelitian yakni selama satu bulan, terhitung dari tanggal 22 Juni 2022 sampai 22 Juli 2022. Jumlah siklus yang dilaksanakan sebanyak dua yaitu Siklus I dan Siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil yang diperoleh terdapat peningkatkan kemampuan literasi matematika siswa kelas VII MTs Negeri Ambon. Peningkatan yang cukup signifikan terjadi pada hasil tes pra siklus dimana terdapat 2 siswa yang sudah memenuhi nilai ≥70 dengan persentase (5%) atau dengan nilai rata-rata siswa sebesar 40,1. Pada hasil tes akhir siklus I, terdapat 20 siswa yang sudah memenuhi nilai ≥70 dengan persentase (50%) atau dengan nilai rata-rata siswa sebesar 65,375. Sedangkan pada hasil tes akhir siklus II, terdapat 39 siswa yang sudah memenuhi nilai ≥70 dengan persentase (97,5%) atau dengan nilai rata-rata siswa sebesar 81,3. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa setelah menggunakan model pembelajaran blended learning pada pembelajaran matematika materi operasi bilangan pecahan yang terintegrasi nilai-nilai Islam terbukti mengalami peningkatan yaitu pada rata-rata hasil tes persiklusnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Abdillah, M.Pd / Nurlaila Sehuaky. M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Terintegrasi Nilai-Nilai Islam, Kemampuan, Literasi Matematika, Operasi Pecahan |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 23 May 2023 01:27 |
Last Modified: | 23 May 2023 01:27 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3281 |
Actions (login required)
View Item |