Sanaky, Siti Fahriani (2022) Strategi Guru PAI Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di SMA Negeri 11 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
COVER, DAFTAR ISI, KATA PENGANTAR.pdf Download (677kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (432kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (321kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (51kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pengelolaan kelas merupakan serangkaian tindakan yang dilakukan oleh guru dalam upaya menciptakan kondisi lingkungan pembelajaran yang positif dan produktif agar proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan tujuannya, atau dengan kata lain, pengelolaan kelas adalah usaha untuk memaksimalkan potensi kelas melalui keterampilan guru agar terciptanya pembelajaran yang baik, positif dan produktif secara terkendali dari gangguan proses pembelajaran agar diperoleh hasil yang memuaskan. guru harus memahami penggunaan metode, media dan alat-alat dalam proses KBM. fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan strategi pembelajaran dan kualitas pembelajaran. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. penelitian ini dimulai dari tanggal 26 Mei sampai dengan 26 Juni 2022. lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Ambon. untuk menganalisis data yang di peroleh melalui observasi dan wawancara, serta dokumentasi. kemudian data yang di peroleh di analisis dengan menggunakan tahap reduksi data (data reducation), pengkajian data (data display), dan kesimpulan data (verivication). Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengelolaan kelas secara preventif adalah: menyediakan 15 menit untuk tadarus bersama, memberikan pengantar-pengantar berupa cerita motivasi, merapikan posisi tempat duduk agar peserta didik merasa nyaman sebelum memulai pelajara. sementara pengelolaan kuratif adalah: memberikan teguran saat terjadi kekacauan dalam kelas, adapun hasil dari fokus penelitian kualitas pembelajaran ditemukan kesimpulan: Guru pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 11 Ambon melakukan persiapan berupa, menyiapkan RPP (rencana proses pembelajaran) yang merupakan kerangka apa saja yang akan di lakukan guru dari masuk sampai keluar kelas. selain itu juga guru menyiapkan beberapa metode yang akan dipakai dan alat-alat pendukung seperti power point atau buku-buku. serta keterampilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap tercapainya hasil tujuan pembelajaran dikategorikan cukup pada keterampilan mengelola kelas, mengadakan variasi, dan memimpin diskusi kelompok.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Nursaid, M.Ag / Saida Manilet, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengelolaan Kelas, dan Kualitas Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 24 May 2023 01:20 |
Last Modified: | 24 May 2023 01:20 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3292 |
Actions (login required)
View Item |