Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar Biologi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Kelas VII Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 23 Ambon

Bugis, Salma (2022) Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar Biologi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Kelas VII Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 23 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (469kB)

Abstract

Lingkungan dapat menjadi salah satu pendekatan dalam proses pembelajaran, karena lingkungan memiliki banyak sumber yang dapat dijadikan contoh dalam pembelajaran yang erat kaitannya dengan alam. Sumber belajar dengan pemanfaatan lingkungan memberi peningkatan yang baik terhadap prestasi peserta didik. Peserta didik dapat belajar di luar kelas dengan mengamati, melihat, dan berinteraksi langsung pada objek yang menjadi sumber belajar. Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar biologi terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 23 Ambon. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan dengan memberikan soal pre test, post test dan pengamatan berkaitan dengan materi klasifikasi makhluk hidup dengan memanfaatkan objek pengamatan yang terdapat di lingkungan sekolah. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 20 Orang dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sebesar ≥70. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar materi klasifikasi makhluk hidup pada kelas VII SMP Negeri 23 Ambon dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan kelulusan siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 9 orang yang mana pada awalnya pada pre test hanya terdapat 5 orang siswa yang mencapai nilai KKM dan setelah melakukan kegiatan pengamatan di lingkungan sekitar sekolah, pada post test terdapat 14 orang siswa yang mencapai nilai KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Janaba Renngiwur, M.Pd. / Nina Y. Mulyawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar Biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 25 May 2023 06:51
Last Modified: 25 May 2023 06:51
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3314

Actions (login required)

View Item View Item