Karakteristik Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Integral di Kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon

Sopamena, Munawar (2021) Karakteristik Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Integral di Kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan dalam menyelesaikan masalah integral di kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon. Dalam penelitian ini terpilih subjek penelitian sebanyak dua siswa yang ditentukan berdasarkan hasil tes soal integral. Analisis data yang terpilih sebagai subjek penelitian tersebut adalah siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal tes yang berupa soal integral tak tentu. Hasil penelitian menunjukan bahwa belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi integral kelas XI di SMK Muhammadiyah Ambon mencakup tiga indikator kesalahan, yaitu (1) kesalahan konsep, (2) kesalahan prinsip, (3) kesalahan teknis. Subjek S1 dalam proses penyelesaian soal tes nomor satu, S1 melakukan kesalahan Konsep yang berakibat S1 tidak mengetahui konsep apa yang dimaksud dalam soal. Kemudian pada soal nomor dua, S1 melakukan kesalahan Prinsip yang berakibat S1 keliru dalam menyelesaikan maksud dari soal tersebut. Subjek S2 dalam proses penyelesaian soal tes nomor satu, S1 melakukan kesalahan Prinsip yang mengakibatkan kekeliruan sehingga S1 tidak mendapatkan hasil akhir yang benar. Subjek S2 dalam proses penyelesain soal tes nomor dua, S1 melakukan kesalahan Konsep yang mengakibatkan S1 salah dalam hasil akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd.I, M. Pd / Pembimbing II : Fahruh Juhaevah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Integral
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 16 Jun 2023 00:42
Last Modified: 16 Jun 2023 00:42
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3424

Actions (login required)

View Item View Item