Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Dalam Menigkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Materi Kerajaan Islam Di Indonesia Kelas XII IPA 2 MAN Ambon

Zubair, La (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Dalam Menigkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Materi Kerajaan Islam Di Indonesia Kelas XII IPA 2 MAN Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran scramble dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi kerajaan Islam di Indonesia kelas XII IPA 2 MAN Ambon. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian tindakan kelas partisipan yaitu dilakukan secara bertahap hingga peneliti mendapatkan hasil yang sesuai dengan perlakuan atau tindakan di kelas. Jadi, peneliti akan bertindak aktif selama proses penelitian. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas tiga bagian, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Setelah melakukan perencaaan, peneliti kemudian melakukan pra tindakan dengan mengumpulkan data, selanjutnya melaksanakan tindakan dalam beberapa siklus barulah ia menganalisis data sehingga menjadi laporan hasil penelitian. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran scramble mengalami keefektifan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam materi kerajaan Islam di Indonesia kelas XII IPA 2 di Madrasah Aliyah Negeri Ambon Tahun Pelajaran 2022/2023. Dengan perolehan data melalui presentase nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar (68,7%) dengan hasil ini peningkatan motivasi belajar siswa megalami perubahan dari pada kondisi sebelumnya yakni pra siklus dengan perolehan nilai rata-rata sebesar (37,4%) walaupun belum mencapai kriteria ketuntasan motivasi belajar sebesar (75%). Pada siklus II memperoleh ketuntasan nilai rata-rata dari motivasi belajar siswa sebesar (89,5%) dengan hasil ini siswa mengalami peningkatan motivasi belajar yang sangat baik dan telah memenuhi kriteria ketuntasan nilai rata-rata yaitu sebesar (75%) yang menjadi target utama dalam penelitian tindakan kelas (PTK) melalui model pembelajaran scramble.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ridwan Latuapo, M. Pd. I / Pembimbing II : Saddam Husein, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Scramble Kerajaan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:46
Last Modified: 16 Jun 2023 01:46
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3426

Actions (login required)

View Item View Item