Zubair, La (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Dalam Menigkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Materi Kerajaan Islam Di Indonesia Kelas XII IPA 2 MAN Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran scramble dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi kerajaan Islam di Indonesia kelas XII IPA 2 MAN Ambon. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian tindakan kelas partisipan yaitu dilakukan secara bertahap hingga peneliti mendapatkan hasil yang sesuai dengan perlakuan atau tindakan di kelas. Jadi, peneliti akan bertindak aktif selama proses penelitian. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas tiga bagian, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Setelah melakukan perencaaan, peneliti kemudian melakukan pra tindakan dengan mengumpulkan data, selanjutnya melaksanakan tindakan dalam beberapa siklus barulah ia menganalisis data sehingga menjadi laporan hasil penelitian. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran scramble mengalami keefektifan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam materi kerajaan Islam di Indonesia kelas XII IPA 2 di Madrasah Aliyah Negeri Ambon Tahun Pelajaran 2022/2023. Dengan perolehan data melalui presentase nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar (68,7%) dengan hasil ini peningkatan motivasi belajar siswa megalami perubahan dari pada kondisi sebelumnya yakni pra siklus dengan perolehan nilai rata-rata sebesar (37,4%) walaupun belum mencapai kriteria ketuntasan motivasi belajar sebesar (75%). Pada siklus II memperoleh ketuntasan nilai rata-rata dari motivasi belajar siswa sebesar (89,5%) dengan hasil ini siswa mengalami peningkatan motivasi belajar yang sangat baik dan telah memenuhi kriteria ketuntasan nilai rata-rata yaitu sebesar (75%) yang menjadi target utama dalam penelitian tindakan kelas (PTK) melalui model pembelajaran scramble.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Ridwan Latuapo, M. Pd. I / Pembimbing II : Saddam Husein, M. Pd. I |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Scramble Kerajaan Islam |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 01:46 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 01:46 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3426 |
Actions (login required)
View Item |