Penerapan Model Discovery Learning (DL) Pada Materi Bilangan Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII SMP LKMD Laha

Buton, Minarni (2022) Penerapan Model Discovery Learning (DL) Pada Materi Bilangan Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII SMP LKMD Laha. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP LKMD Laha tahun pelajaran 2021-2022 dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus dan di setiap siklus terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP LKMD Laha tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 14 siswa dan objek penelitian merupakan minat dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP LKMD Laha. Sumber data penelitian adalah siswa dan guru di kelas VII SMP LKMD Laha. Teknik pengumpulan data kompetensi pengetahuan dengan menggunakan tes, kompetensi keterampilan menggunakan observasi dan kompetensi sikap serta minat menggunakan observasi dan angket penilaian diri. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP LKMD Laha pada materi bilangan pecahan. Berdasarkan data yang diperoleh pada PTK pra siklus yang tuntas 6 orang siswa (35,29%). Pada siklus I yang tuntas 9 orang siswa (64,28%). Pada siklus II yang tuntas 14 siswa (100%). Dari tes awal ke siklus I mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 28,99% sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 50%. Berdasarkan analisis dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar Siswa di Kelas VII SMP LKMD Laha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nur Apriani Nukuhaly, M. Pd / Pembimbing II : Rusmin Madia, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning Hasil Belajar Bilangan Pecahan
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:15
Last Modified: 12 Jul 2023 03:15
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3784

Actions (login required)

View Item View Item