Pengaruh Model Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Luas permukaan Dan Volume Limas Di Kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon

Mukadar, Ali Kadri (2019) Pengaruh Model Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Luas permukaan Dan Volume Limas Di Kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran problem solving perannya untuk memberi dorongan psikologis kepada siswa. Pembelajaran problem solving memberi tekanan pada aktivitas belajar secara kooperatif dalam bentuk kelornpok-kelompok kecil.. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem solving terhadap prestasi belajar matematika pada materi luas permukaan dan volume limas di kelas VIll SMP Al-Wathan Ambon dan untuk mengetahui besar pengaruh model problem solving terhadap prestasi belajar matematika pada materi luas permukaan dan volume limas di kelas VIII SMP AI-Wathan Ambon. Tipe penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan instrumen tes dan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah 24 orang siswa yang dilakukan sejak tanggal 20 Juli 2019 sampai dengan 20 Agustus 2019. Berdasarkan pembahasan pada bab empat tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh model problem solving (variabel X) terhadap prestasi belajar matematika pada materi luas permukaan dan volume limas (variabel Y) di kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon adalah 0,932%. Sehingga pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh antara model problem solving \erhadap prestasi belajar matematika pada materi luas permukaan dan volume limas di kelas VITT SMP Al-Wathan Ambon. Serta besar pengaruh pengaruh model problem solving (variabel X) terhadap prestasi belajar matematika pada materi luas permukaan dan volume limas (variabel Y) di kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon adalah 61,7%, dan 38,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain, seperti disiplin belajar atau motivasi belajar siswa yang baik, minat belajar siswa, atau bisa juga dari kesadaran siswa akan pentingnya pendidikan matematika dalam ha! ini terkait dengan materi luas permukaan dan volume limas, dan pada pengujian hipotesis H1 terima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nurlaila Wattiheluw, M. Pd / Pembimbing II : Rusmin Madia, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Solving Limas
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 08 Jun 2020 03:12
Last Modified: 08 Jun 2020 03:12
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item View Item