Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa

Mussa, Rihla (2022) Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Berpikir aljabar merupakan generalisasi dari pengalaman dengan bilangan dan perhitungan, memformalisasikan ide-ide dengan system symbol dan mengeksplorasi konsep-konsep dari pola dan fungsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan berpikir aljabar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Hasyim Asy’ari Ambon dengan jumlah siswa 40 orang, penetian ini terhitung dari tanggal 27 Juli sampai dengan 27 Agustus 2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, soal tes esai pretest-posttest dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif inferensial. Berdasarkan uji N-Gain dan uji-t pada kedua kelas diperoleh nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,65 dan pada kelas kontrol diperoleh sebesar 0,38. sedangkan uji indenpenden sampel t tes dapat dilihat bahwa nilai sig 0,000 < 0,05 maka hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berfikir aljabar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun hasil angket respon siswa pada mata pelajaran matematika relistik nilai rata-rata presentase respon positif siswa yaitu 96% %. Respon ini termaksud katagori respon positif dengan standar yang telah ditentukan yaitu ˃75% dengan katagori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr, Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd / Pembimbing II : Fahruh Juhaevah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Aljabar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:42
Last Modified: 30 Aug 2023 01:42
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3863

Actions (login required)

View Item View Item