Efektivitas Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Balok Kelas VIII MTS Hasyim Asy’Ari Ambon

Mahu, Sari (2021) Efektivitas Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Balok Kelas VIII MTS Hasyim Asy’Ari Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan Berpikir kreatif matematis siswa pada materi balok kelas VIII MTS Hasyim Asi’Ari Ambon .Tipe penelitian ini menggunakan eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian ini dilakukan di MTS Hasyim Asy’Ari Ambon dari tanggal 01 November sampai dengan 01 Desember 2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan Berpikir kreatif matematis pada materi balok siswa kelas VIII MTS Hasyim Asy’Ari Ambon lebih baik dari tes awal (pretest) ke tes akhir (posttest) atau dengan kata lain, siswa kelas VIII MTS Hasyim Asy’Ari Ambon kreatif dalam menyelesaikan soal-soal pada materi balok setelah diajarkan dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik. Hal ini di lihat dari 25 siswa yang mengikuti tes awal dan tes akhir. Pada tes awal tidak ada siswa (0%), tes akhir 17 siswa (68%) mendapatkan nilai dengan kriteria kreatif, tes awal 22 siswa (88%), tes akhir 8 siswa (32%) mendapat nilai dengan kriteria cukup kreatif, dan tes awal 3 siswa (12%), tes akhir tidak ada siswa (0%) yang mendapat nilai dengan kriteria kurang kreatif, dengan nilai rata-rata tes akhir 70,17 lebih tinggi dari nilai rata-rata tes awal 47,08.Berdasarkan hasil analisis data yang lakukan, terdapat efektivitas penerapan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan Berpikir kreatif pada materi balok siswa kelas VIII MTS Hasyim Asy’Ari Ambon yang ketahui berdasarkan uji rata-rata (uji-t) diperoleh nilai thitung = 15,998 ≥ nilai ttabel = 2,064 pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = n – 1 = 25 – 1 = 24.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nur Apriyani Hukuhaly, M. Pd / Pembimbing II : Syafruddin Kaliky, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika Realistik Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Balok
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:31
Last Modified: 25 Oct 2023 23:31
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3890

Actions (login required)

View Item View Item