Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point Siswa Kelas VII Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMP Negeri 1 Telutih

Rumauw, Hartati (2022) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point Siswa Kelas VII Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMP Negeri 1 Telutih. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (9MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Media pembelajaran interaktif berbasis power point sangat membantu dalam proses pembelajaran terutama kepada guru. Hal ini membuat guru harus benar-benar memilih media pembelajaran yang sesuai untuk digunakan dan dimulai dari konsep serta tujuan untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui kevalidan media interaktif berbasis power point siswa kelas VIII pada materi sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 1 Telutih 2. Untuk mengetahui kepraktisan media interaktif berbasis power point siswa kelas VIII pada materi sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 1 Telutih. 3. Untuk mengetahui keefektifan media interaktif berbasis power point siswa kelas VIII pada materi sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 1 Telutih. Metode penelitian yaitu metode penelitian R&D. Hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang tentukan adalah 1. hasil kelayakan dan kevalidan media pembelajaran oleh ahli bahasa menunjukan presentasi dari ahli bahasa 80 atau dengan kategori sangat valid sehingga sudah dapat digunakan tanpa revisi. Sementara hasil kelayakan dan kevalidan dari ahli materi dengan memperoleh presentasi nilai 82 dengan kategori sangat valid sehingga sudah dapat digunakan tanpa revisi dan hasil kelayakan dan kevalidan dari ahli media dengan memperoleh presentasi nilai 78 atau dengan kategori valid sehingga sudah dapat digunakan tanpa revisi. Data tingkat kepraktisan media pembelajaran yang telah dikembangkan data keterlaksanaan pembelajaran diperoleh nilai 3,75 kemudian aspek interaksi sosial memperoleh nilai 3,75 kemudian prinsip reaksi memperoleh nilai 3,5 serta ketersediaan perangkat memperoleh nilai 5 keempat aspek yang dinilai berada pada interval nilai 3,75 - 5 dengan kategeri terlaksana dengan baik dan dengan rata-rata skor nilai 3,3. 3.Berdasaarkan hasil yang didapatkan dari hasil keefektifan yaitu dengan melihat hasil belajar siswa dan hasil angket respon siswa, hasil belajar siswa yaitu siswa yang tuntas 12 orang dengan mendapatkan presentasi 75 dan siswa yang belum tuntas 4 orang dengan mendapatkan presentasi 25 sedangakan hasil angket respon siswa memperoleh presentasi 97.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Hj. Corneli Pary, M. Pd / Pembimbing II : Nana Ronawan Rambe, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Sistem Pencernaan Manusia
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:23
Last Modified: 26 Oct 2023 02:23
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3898

Actions (login required)

View Item View Item