Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi SPLDV Siswa Kelas VIII Di SMP Al-Wathan Ambon

Namkatu, Saehang (2021) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi SPLDV Siswa Kelas VIII Di SMP Al-Wathan Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variable (SPLDV) siswa kelas VIII SMP Al-wathan Ambon dan besar pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variable (SPLDV) siswa kelas VIII SMP Al-wathan Ambon. Pemecahan masalah merupakan proses menerapkan pengetahuan (knowledge) yang telah diperoleh siswa sebelumnya ke dalam situasi yang baru. Pemecahan masalah juga merupakan aktivitas yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif.. Teknik pengambilan subjek dengan menggunakan purposive sampling karena didasarkan pada suatu pertimbangan-pertimbangan tertentu didalam pengambilan sampelnya. Jadi sampel dalam penelitian ini yang dipilih hanya satu kelas yaitu kelas VIII4 SMP Al-Wathan Ambon yang berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan uji anova regresi linear sederhana tingkat signifikan sebesar 0,000 ≤ 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (X) terhadap variabel kemampuan pemecahan masalah (Y). Kemudian berdasarkan Model Summary regresi linear sederhana diketahui bahwa besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,890, koefisien determinasi (R square) sebesar 0,792, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia) terhadap variabel terikat (variabel kemampuan pemecahan masalah) adalah sebesar 79,2 % dan 20,8 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Sarfa Wassahua, M.Pd / Pembimbing II : Gamar Assagaf, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan PMRI Matematika Realistik SPLDV
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 09 Nov 2023 01:59
Last Modified: 09 Nov 2023 01:59
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3911

Actions (login required)

View Item View Item