Penggunaan Photomath Sebagai Scafolding Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aljabar di SMP Muhammadiyah Ambon

Karim, Fitria Lestari (2022) Penggunaan Photomath Sebagai Scafolding Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aljabar di SMP Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Proses belajar mengajar di SMP Muhammadiyah Ambon berjalan masih terdapat beberapa permasalahan yang sering terjadi selama proses pembelajaran berlangsung, yaitu: (1) banyak siswa yang malas untuk mengerjakan soal matematika yang diberikan (2) banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika yang diberikan oleh pengajar (3) siswa cenderung tidak bersemangat dan juga tidak mampu dalam pelajaran yang berkaitan dengan hitung - hitungan dan sebgainya. Penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah Ambon selama 1 Bulan bertujuan untuk mengetahui penggunaan photomath sebagai scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Aljabar di SMP Muhammadiyah Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan melalui empat tahapan diantaranya : (1) Planning (perencanaan), (2) Action (pelaksanaan tindakan), (3) Observation (pengamatan), dan (4) Reflection (refleksi). Sampel yang diambil yaitu kelas VII dengan 23 siswa dengan pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik komparatif yaitu membandingkan hasil antara siklus yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai di atas 60 ada 14 siswa. Jadi jumlah siswa yang sudah tuntas dalam pembelajaran pada siklus I yaitu 14 siswa dengan persentase sebesar 61 % sedangkan yang belum tuntas ada 9 siswa dengan persentase 39 % sehingga dilanjutkan pada siklus II yang mana hasil tes siklus II menunjukkan bahwa dari 23 siswa yang mengikuti tes evaluasi, semuanya tuntas dalam evaluasi yang diikuti. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 34,79 %, yaitu dari 65,21 % menjadi 100 %. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan yang baik dari 65,17 meningkat menjadi 87,39. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdillah, M. Pd / Pembimbing II : Fahruh Juhaifah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Aljabar Photomath Scafolding
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 16 Nov 2023 01:21
Last Modified: 16 Nov 2023 01:21
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3929

Actions (login required)

View Item View Item