Upaya Tenaga Pengajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Di TPQ Buya Hamka SD Muhammadiyah Ambon

Umagap, Sakinah Handayani (2022) Upaya Tenaga Pengajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Di TPQ Buya Hamka SD Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
halalamn depan.pdf

Download (841kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (360kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya tenaga pengajar dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an juz 30 di TPQ Buya Hamka SD Muhammadiyah Ambon dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan menghafal al- Qur’an juz 30 di TPQ Buya Hamka SD Muhammadiyah Ambon. Adapun yang menjadi fokus penelitian adalah upaya tenaga pengajar dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an juz 30 di TPQ Buya Hamka SD Muhammadiyah Ambon dengan indikator yang dimaksud adalah menekankan penguasaan tajwid, membimbing kefasihan dalam membaca dan menghafal dan banyaknya surah yang dihafal. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 5 orang tenaga pengajar dan 5 orang santri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya tenaga pengajar dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an juz 30 di TPQ Buya Hamka SD Muhammadiyah Ambon yaitu: (1) menekankan penguasaan tajwid menggunakan metode muroja’ah, (2) membimbing kefasihan dalam membaca dan menghafal, (3) banyaknya surah yang dihafal yang merupakan target dari TPQ Buya Hamka SD Muhammadiyah Ambon sebagai persyaratan khataman al-Qur’an. Adapun faktor pendukung upaya tenaga pengajar dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an juz 30 di TPQ Buya Hamka SD Muhammadiyah Ambon yaitu: (1) adanya dukungan dari orang tua, (2) adanya guru atau tenaga pengajar. Faktor penghambat yaitu: (1) rasa malas yang tertanam dalam diri murid itu sendiri, (2) Waktu pembelajaran yang sangat kurang, (3) sarana prasarana berupa bangunan khusus untuk TPQ yang tidak ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Yusuf Abdurrachman Luhulima, M.Ag / La Rajab, M.A
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 21 Nov 2023 23:59
Last Modified: 21 Nov 2023 23:59
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3971

Actions (login required)

View Item View Item