Analisis Proses Berpikir Relasional Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Integral Tak Tentu

Fiqram, Aji (2023) Analisis Proses Berpikir Relasional Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Integral Tak Tentu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Berpikir relasional adalah kemampuan berpikir dengan membangun hubungan berbagai objek atau konsep matematis yang relevan satu sama lain dalam menyelesaikan suatu masalah matematis. Sesuai dengan indikator berfikir relasional yaitu 1) mampu menentukan hubungan antara bilangan, termasuk arah dan perbedaannya; 2) mampu menentukan bilangan yang ada pada persamaan tersebut; 3) mampu menjelaskan bilangan dengan operasi yang digunakan; 4) mampu mendeskripsikan bilangan yang digunakan; 5) mampu menjelaskan keterkaitan hubungan bilangan dan 6) mengetahui hubungan antara bilangan secara umum dan menentukan jawaban yang tepat dan benar. pemecahan masalah adalah suatu kamampuan atau pemikiran yang terarah untuk menemukan jalan keluar dari suatu kesulitan dan mencapai tujuan yang tidak dapat dicapai dengan segera. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berfikir relasional siswa dalam menyelesaikan masalah Integral Tak Tentu. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, subjek yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 2 orang siswa, instrumen yang digunakan adalah soal tes dan pedoman wawancara. Dalam analisis data penelitian peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses berfikir relasional Siswa 1 lengkap, yakni dapat menyelesaikan soal dengan benar dan dapat menjelaskan konsep-konsep yang ada dalam soal tersebut dan menjelaskan keterkaitan antara konsep yang satu dengan yang lain serta jawaban yang diperoleh memenuhi semua indikator berfikir relasional. Sedangkan proses berfikir relasional Siswa 2 tidak lengkap, yakni dapat menyelesaikan soal dengan benar namun kurang mampu menjelaskan dan mendeskripsikan konsep yang ada di dalam soal tersebut, sehingga indikator ke 3 dan 4 kurang terpenuhi, namun pada indikator-indikator berfikir relasional yang lain terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I., M.Pd / Pembimbing II : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Integral
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:17
Last Modified: 23 Nov 2023 02:17
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3987

Actions (login required)

View Item View Item