Rahmawati, Intan (2023) Proses Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Partisipan pada penelitian ini adalah 34 siswa kelas IX/B MTs N. Ambon yang kemudian diambil 2 orang siswa sebagai subjek penelitian. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan tes kemampuan literasi numerasi yang dalam hal ini menggunakan soal PISA. Teknik analisis data menggunakan klasifikasi data, reduksi data, penyajian data, penafsiran data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa siswa pertama dan siswa kedua mampu memenuhi kompetensi pokok siswa dalam berliterasi numerasi antara lain: mampu mengkomunikasikan masalah, mampu membuat pemodelan matematika, mampu membuat representasi, mampu berargument dan memberikan alasan mempertanggung jawabkan pekerjaanya, mampu membuat strategi penyelesaian yang baik dan benar, mampu menggunakan bahasa formal, bahasa simbol dan bahasa teknis serta mampu menggunakan alat matematika untuk memudahkan pekerjaannya. Adapun perbedaan dari kedua siswa tersebut yakni dalam penyelesaian soal nomor 1 ada siswa yang membuat pemodelan matematika dengan rumus dasar perbandingan da nada siswa yang membuat pemodelan matematika dengan kebalikan dari rumus dasar perbandingan yakni perkalian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I., M.Pd / Pembimbing II : Dr. Djaffar Lessy, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Numerasi PISA |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 02:38 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 02:38 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3999 |
Actions (login required)
View Item |