Pengembangan Media Pop-up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Puisi Kelas IV MIN 2 Ambon

Nurmin, Nurmin (2023) Pengembangan Media Pop-up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Puisi Kelas IV MIN 2 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui pengembangan pop-up book dan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hasil wawancara dengan siswa MIN 2 Ambon menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up book belum pernah digunakan di dalam proses pembelajaran, siswa hanya menggunakan buku paket dan LKS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pop-up book pada puisi dan respon siswa terhadap media pada pembelajaran tersebut. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model 4-D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Ambon. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi/angket. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi dan penyebaran angket. Data validasi dan respon siswa dianalisis menggunakan rumus persentase. Persentase hasil validasi yang diperoleh dari validator I yaitu 73,21% dan dari validator II yaitu 90,00% serta rata-rata skor yang diperoleh dari kedua validator media pop up book yaitu 81,5% dengan kriteria sangat layak, maka media pop-up book dikategorikan layak digunakan pada materi puisi. Hasil respon siswa terhadap penggunaan media pop-up book adalah 0% siswa merespon sangat tidak setuju, 4% siswa memberi tanggapan tidak setuju, 9% siswa memberi tanggapan setuju, 192% siswa memberi tanggapan sangat setuju, dapat dikatakan bahwa tanggapan siswa yang telah mempelajari materi puisi 93% sangat setuju terhadap media po–up book dalam proses pembelajaran. Sementara angket motivasi peserta didik diperoleh hasil presentase yaitu 94% dengan kategori sangat baik. Hal ini menandakan bahwa peserta didik sangat termotivasi belajar bahasa Indonesia materi puisi menggunakan media pop-up book.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ridwan Latuapo, M.Pd / Pembimbing II : Nursalam, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pop-up Book Puisi Bahasa Indonesia
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 28 Nov 2023 05:11
Last Modified: 28 Nov 2023 05:11
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4006

Actions (login required)

View Item View Item