Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Berdasarkan Literasi Numerasi dalam Meyelesaikan Masalah Aljabar

Upara, Nursafa (2023) Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Berdasarkan Literasi Numerasi dalam Meyelesaikan Masalah Aljabar. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan koneksi matematis menjadi penting karena mendukung siswa untuk memahami suatu konsep secara substansial dan membantu mereka untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang disiplin lain melalui keterkaitan antara konsep matematika dan konsep disiplin ilmu lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan literasi numerasi dalam menyelesaikan masalah aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak tiga siswa yang memenuhi indikator kemampuan koneksi matematis yang terdiri dari satu orang berkemampuan rendah, satu orang berkemampuan sedang, dan satu orang berkemampuan tinggi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan tes kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang berkemampuan tinggi memenuhi semua indikator koneksi matematis yaitu 1). Kemampuan koneksi antar topik/konsep matematis dalam matematika, 2). Kemampuan koneksi matematis dengan kehidupan sehari-hari, 3). Kemampuan koneksi matematis dengan ilmu lain. siswa berkemampuan sedang memenuhi dua indikator yyaitu 1). Kemampuan koneksi antar topik/konsep matematis dalam matematika, 2). Kemampuan koneksi matematis dengan kehidupan sehari-hari, dan siswa berkemampuan rendah tidak memenuhi semua indikator yaitu: 1). Kemampuan koneksi antar topik/konsep matematis dalam matematika, 2). Kemampuan koneksi matematis dengan kehidupan sehari-hari, 3). Kemampuan koneksi matematis dengan ilmu lain. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya koneksi matematis dalam memahami konsep matematika secara substansial, diharapkan dapat mendorong pengembangan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa di sekolah. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Pembimbing II : Fahruh Juhaevah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Literasi Numerasi Aljabar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:50
Last Modified: 28 Nov 2023 06:50
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4013

Actions (login required)

View Item View Item