Pengaruh Model Pembelajaran E-Learing Terhadap Kemampuan Numerik Siswa Kelas VII MTs Al-Fatah Ambon

Rumbalifar, Marwan (2023) Pengaruh Model Pembelajaran E-Learing Terhadap Kemampuan Numerik Siswa Kelas VII MTs Al-Fatah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Model Pembelajaran e-learning merupakan proses instruksi atau pembelajaran yang melibatkan penggunaan peralatan elektronik dalam menciptakan, membantu perkembangan, menyampaikan, menilai dan memudahkan suatu proses belajar mengajar. Penelitian ini dilatar belakangi adanya peristiwa pandemic covid-19 yang berdampak pada kegiatan pembelajaran siswa. Sehingga pembelajaran secara bertatap muka yang biasanya dilakukan, kini mengharuskan pembelajaran secara online dari rumah masing-masing siswa. Dengan hal tersebut peneliti melakukan studi penelitian terkait pengaruh pembelajaran e-learning berbasis aplikasi google meet terhadap kemampuan numerik siswa. Rumusan masalah dalam penelitian yakni apakah ada pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap kemampuan numerik siswa VII MTs Al-Fatah Ambon pada materi pecahan campuran?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran e-learning terhadap kemampuan numerik siswa VII MTs Al-Fatah Ambon pada materi pecahan campuran. Jenis penelitian yang dilakukakn adalah kuantitatif deskriptif. Dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VII-A MTs Al-Fatah Ambon yang terdiri dari 22 siswa. Variabel bebas : (X) Model Pembelajaran E-learning Variabel terikat (Y) Kemampuan numerik siswa. Instrumen penelitian yaitu soal tes, angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data soal tes, lembar observasi, angket, dan, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Model Pembelajaran E-learning terhadap Kemampuan Numerik Siswa MTs Al-Fatah Ambon. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai Sig > 0,05 yaitu 0,068 > 0,05 (dengan taraf 5%). Maka, hipotesis nol (Ho) diterima dan Hipotesis alternative (Ha) ditolak. Hal ini berarti model pembelajaran e-learning tidak mempengaruhi kemampuan numerik siswa MTs Al-Fatah Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Djaffar Lessy, M. Si., Ph. D / Pembimbing II : Rusmin Madia, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Numerik E-learning
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 28 Nov 2023 23:54
Last Modified: 28 Nov 2023 23:54
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4014

Actions (login required)

View Item View Item