Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Operasi Hitung Pecahan Kelas VII MTs Al-Fatah Ambon

Wally, Mira (2023) Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Operasi Hitung Pecahan Kelas VII MTs Al-Fatah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Siswa membutuhkan sumber belajar dan media yang memudahkan mereka memahami konsep. Media pembelajaran yang menarik akan lebih menarik minat, perhatian dan pemahaman terhadap informasi yang disajikan. Namun pada kenyataannya, media pembelajaran masih belum dimanfaatkan secara optimal. Materi pengenalan teori dan konsep matematika tidak akan efektif tanpa penggunaan bahan dan media pembelajaran yang tepat. Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 23 September 2022 ditemukan bahwa proses belajar mengajar pada pembelajaran matematika di MTs Al-Fatah Ambon masih lebih banyak menggunakan media pembelajaran seperti media macro flash, e-book, mind map dan power point . Sementara hasil wawancara dengan salah satu guru matematika MTs Al-Fatah Ambon bahwa media video tutorial masih sangat jarang digunakan.Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs Al-Fatah Ambon. Sampel dalam terdiri dari 2 kelas. Instrument yang digunakan berupa pre-test dan post-test. Teknik analisis data terdiri atas, statistic deskriptif, uji normalitas, homogenitas uji-t dan uji Ngain-score. Hasil penelitian setelah dianalisis menunjukan bahwa keefektivan pembelajaran kelas eksperimen dengan menggunakan media vidio tutorial adalah cukup efektif. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain score yang menunjukan bahwa nilai rata-rata N-Gain adalah sebesar 61,6396 atau 61,6%. Sedangkan untuk kelas kontrol yang tidak menggunakan media video tutorial adalah kurang efektif. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain score yang menunjukan bahwa nilai rata-rata N-Gain adalah sebesar 52,1596 atau 52,1%. Sementara untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan media video tutorial dan tidak menggunakan media video tutorial pada materi operasi hitung pecahan siswa kelas VII MTs Al-Fatah Ambon, setalah dianalisis terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji t, dimana nilai signifikan (2-tailed) lebih besar dari 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Djaffar Lessy, M. Pd / Pembimbing II : Dinar Riaddin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Media Video Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 29 Nov 2023 00:29
Last Modified: 29 Nov 2023 00:29
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4017

Actions (login required)

View Item View Item