Strategi Pembelajaran Guru Mata Pelajaran Al Qur'an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Al-Qur'an Peserta Didik di Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an Negeri Tanah Merah Kabupaten Maluku Tengah

-, Tuhadi (2023) Strategi Pembelajaran Guru Mata Pelajaran Al Qur'an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Al-Qur'an Peserta Didik di Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an Negeri Tanah Merah Kabupaten Maluku Tengah. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
TUHADI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Strategi pembelajaran yang merupakan pendekatan menyeluruh dalam sistem pembelajaran yang berbentuk asas-asas umum dan kerangka kegiatan untuk mencapai tujuan pembelajaran menjadi motor penggerak penelitian ini. Salah satu prioritas pencapaian tujuan pendidikan adalah pengembangan kemampuan literasi Al-Qur’an. Guru memainkan peran penting dalam proses pembelajaran, terutama dalam meningkatkan literasi Al-Qur'an. Mengingat Al-Qur'an dan Hadits merupakan sumber utama yang digunakan umat Islam untuk melaksanakan ibadahnya, maka penulis disini mengkaji bagaimana pendekatan guru terhadap mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur' Negeri Tanah Merah, Kabupaten Maluku Tengah untuk meningkatkan kemampuan literasi Al- Qur'an. Dengan desain penelitian deskriptif, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan lokasi penelitian di Kecamatan Seram Utara Timur Seti yang merupakan lokasi Madrasah Aliyah. Data aktivitas sehari-hari dan kemajuan akademik siswa Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur'an Negeri Tanah Merah Kabupaten Maluku Tengah dikumpulkan melalui observasi. Sedangkan informasi mengenai pendekatan guru mata pelajaran dalam meningkatkan kemampuan literasi Al-Qur'an dikumpulkan melalui wawancara. Menurut temuan penelitian, 1) guru harus merencanakan pelajaran untuk membantu siswa menjadi lebih memahami Al Qur'an dengan mempertimbangkan bagaimana tindakan mereka akan mempengaruhi kemampuan mereka untuk belajar. Mereka juga harus mengadakan pertemuan, memberikan pembinaan, dan melakukan penilaian tindak lanjut dari kegiatan pembelajaran yang ditugaskan kepada mereka. 2) Pendekatan guru dalam mengajar adalah melakukan program pembelajaran sesuai dengan RPP yang dibuat, memanfaatkan metodologi pembelajaran ekspositori dengan metode ceramah, tanya jawab, dan praktik. 3) Metode guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi Al-Qur’an siswa adalah dengan melakukan evaluasi sesuai dengan langkah-langkah yang telah dijadwalkan, dengan pengamatan langsung terhadap siswa sebagai tahap terakhir (evaluasi pembelajaran dengan cara praktik).

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ismail DP. M.Pd / Dr. Moh. Rahanyamtel, M.Th.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kemampuan literasi Al Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 05 Dec 2023 23:59
Last Modified: 05 Dec 2023 23:59
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

View Item View Item