Analisis Konflik Kognitif Siswa dalam Pemecahan Masalah Logaritma

Indriani, Fadila (2023) Analisis Konflik Kognitif Siswa dalam Pemecahan Masalah Logaritma. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (544kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (960kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Konflik kognitif adalah suatu keadaan yang terjadi pada pemikiran setiap individu karena mengalami ketidakseimbangan yang muncul dari perbedaan keputusan atau pendapat yang saling bertentangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konflik kognitif yang terjadi pada siswa dalam memecahkan masalah logaritma. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini diambil dari siswa kelas X IPA-2 MAN Ambon yang berjumlah 35 siswa yang kemudian terambil 2 siswa sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini, yaitu soal tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mengalami konflik kognitif berdasarkan 4 indikator, yaitu 1) pengenalan situasi anomali, berupa situasi yang ditandai dengan siswa yang memiliki pengetahuan awal meskipun tidak dapat mengungkapkannya secara menyeluruh, misalnya siswa secara langsung menuliskan langkah penyelesaian dan informasi awal pada soal meskipun kurang lengkap; 2) minat, berupa ketertarikan siswa dalam menghadapi suatu masalah yang dapat ditunjukkan dengan adanya minat yang tinggi dan rasa ingin tahu, misalnya siswa mampu mengungkapkan ketertarikannya terhadap sifat logaritma yang digunakan dalam menyelesaikan masalahnya; 3) kecemasan, berupa perasaan cemas yang dapat membuat siswa merasa khawatir, kesulitan, dan memiliki rasa takut pada suatu masalah, misalnya siswa merasa kesulitan pada saat proses pembagian disebabkan banyaknya angka di belakang koma yang membuat siswa merasa kesulitan untuk membaginya; dan 4) penilaian kembali situasi secara kognitif, berupa situasi dimana siswa mengalami perubahan respon saat mengambil keputusan terhadap permasalahannya, misalnya siswa mampu menyadari kekeliruan yang ada pada hasil penyelesaiannya sebelum ia membuat kesimpulan terhadap penyelesaiannya tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X IPA-2 MAN Ambon mengalami konflik kognitif dalam memecahkan masalah logaritma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I., M.Pd / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konflik kognitif, pemecahan masalah, logaritma
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 06 Dec 2023 01:35
Last Modified: 06 Dec 2023 01:35
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4054

Actions (login required)

View Item View Item