Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembinaan Toleransi Beragama Berbasis Multikultural di SMP Negeri 1 Buru dan SMP Negeri 9 Buru Kabupaten Buru

Masahelupical, Zainap (2023) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembinaan Toleransi Beragama Berbasis Multikultural di SMP Negeri 1 Buru dan SMP Negeri 9 Buru Kabupaten Buru. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BIODATA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap pembinaan toleransi beragama berbasis multikultural di SMP Negeri 1 Buru dan SMP Negeri 9 Buru dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran Pendidikan agama Islam terhadap pembinaan toleransi beragama berbasis multikultural di SMP Negeri 1 Buru dan SMP Negeri 9 Buru Tipe penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan analisis kualitatif. Adapun lokasi penelitian berada di SMP Negeri 1 Buru dan SMP Negeri 9 Buru. Waktu penelitian dilakukan dari tanggal 30 Januari sampai dengan 2 Maret 2023. Untuk menganalisis data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data, pengkajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terkait Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembinaan Toleransi Beragama Berbasis Multikultural di SMP Negeri 1 Buru dan SMP Negeri 9 Buru Kabupaten Buru menggunakan berbagai macam bentuk kegiatan di antaranya yaitu: a) Doa pagi bersama, b) Bersikap universal dan tidak bersikap diskriminatif, c). Terciptanya sikap menerima perbedaan dan saling menghargai, d). Mewujudkan keharmonisan dan kerukunan dalam keberagaman, e). Pemberian bimbingan dalam implementasi pendidikan multikultural, dan f). Pembiasaan dalam implementasi multikultural dan toleransi di sekolah. Faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap pembinaan toleransi beragama berbasis multikultural di SMP Negeri 1 Buru dan SMP Negeri 9 Buru, dilihat dari faktor pendukung diantaranya; a). Adanya kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan kurikulum, b). Lingkungan sosial sekolah yang kondusif yang memungkinkan terjadinya komunikasi yang baik antar warga sekolah, dan c). Seluruh komponen sekolah saling mendukung terwujudnya toleransi beragama di sekolah meski sekolah banyak dari para peserta didik yang multikultural. Sedangkan faktor penghambat implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap pembinaan toleransi beragama berbasis multikultural di SMP Negeri 1 Buru dan SMP Negeri 9 Buru diantaranya; a). Adaptasi peserta didik pada awal masuk sekolah karena peserta didik masing-masing memiliki kultur suku, ras dan agama yang berbeda sehingga komunikasi peserta didik awal masuk sekolah mejadi canggung dan gugup dalam berkomunikasi, dan b). Keragaman peserta didik dari suku dan latar belakang yang berbeda sehingga kadangkala memunculkan rasa saling mengejek dan hal-hal yang dapat merusakan hubungan sosial antar peserta didik berdasarkan suku, ras maupun agama meskipun kecil kemungkinannya.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Muh. Faqih Seknun, M.Pd.I / Dr. Nurhasanah, M.SI
Uncontrolled Keywords: Implementasi PAI, berbasis multikultural, toleransi beragama siswa.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 07 Dec 2023 00:07
Last Modified: 07 Dec 2023 00:07
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4073

Actions (login required)

View Item View Item