Keyakinan Epistemologi Pembelajaran Matematika pada Peserta Didik Sekolah Menengah SMA Negeri 28 Maluku Tengah

Rahayaan, Marwia (2021) Keyakinan Epistemologi Pembelajaran Matematika pada Peserta Didik Sekolah Menengah SMA Negeri 28 Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 08 November s/d 08 Desember 2021. Lokasi Penelitain ini dilaksanakan di sekolah SMA Negeri 28 Maluku Tengah dengan sampel 18 orang peserta didik dari kelas X, XI dan XII. Untuk menganalisis data yang diperoleh melalui angket, diolah dengan menggunakan skala Likert kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa keyakinan epistemologi peserta didik berpengaruh terhadap kesadaran pentingnya belajar matematika pada sekolah SMA Negeri 28 Maluku Tengah. Hal tersebut dapat dilihat dari diperolehnya nilai Thitung =7,292. Sedangkan Ttabel = 0.468 dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 itu artinya H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel keyakinan epistemologi (X) berpengaruh terhadap persepsi hasil belajar matematika (Y). Namaun besar pengaruh keyakinan epistemologi terhadap persepsi hasil belajar matematika hanya sebesar 06,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M.Pd / Pembimbing II : Dr. Anasufi Banawi, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:07
Last Modified: 07 Dec 2023 01:07
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4079

Actions (login required)

View Item View Item