Upaya Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Glasser Pada Pokok Bahasan Lingkaran

Alkatiri, Indira Gandi (2023) Upaya Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Glasser Pada Pokok Bahasan Lingkaran. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I. III. V.pdf

Download (10MB)
[img] Text
INDIRA GANDI ALKATIRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Glasser pada pokok bahasan lingkaran untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. SMP Negeri 23 Ambon yang berjumlah 20 siswa .Prosedur kerja penelitian tindakan kelas di laksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan selama dua kali pertemuan dan setiap pertemuan diadakan evaluasi, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, refleksi. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa penerapan model Glasser dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon materi Lingkaran.yang tampak pada Skor kemandirian belajar siswa sebelum pada siklus I sebesar 43% yang berada pada kategori rendah, dan skor pada siklus II sebesar 79,01% yang masuk dalam kategori tinggi, dan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Glasser adalah 45,5 kemudian meningkat setelah diterapkan model glasser pada siklus I menjadi 67 dengan ketuntasan klasikal sebesar 45% dan kemudian rata-rata hasil belajar meningkat lagi pada siklus II menjadi 74 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal adalah 85% yang sudah melampaui pencapaian KKM matematika. Dengan demikian disimpulkan bahwa upaya peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan melalui model pembelajaran Glasser.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Mariana, M,Si, / Nurlaila Sehuwaky, M,Pd
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, hasil belajar, model pembelajaran glasser, lingkaran
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:14
Last Modified: 07 Dec 2023 01:14
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4080

Actions (login required)

View Item View Item