Hubungan penilaian kinerja terhadap hasil belajar biologi materi sistem sirkulasi pada manusia di Kelas XI MA Nurul Ikhlas Ambon

Tualepe, Hataboki (2018) Hubungan penilaian kinerja terhadap hasil belajar biologi materi sistem sirkulasi pada manusia di Kelas XI MA Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_64.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I, III, V_64.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada proses belajar mengajar, penilaian proses terhadap hasil belajar mengajar sering diabaikan, setidak-tidaknya kurang mendapat perhatian dibandingkan dengan penilaian hasil belajar. Padahal untuk mengetahui proses pembelajaran itu berhasil atau tidak, siswa aktif atau tidak harus dinilai mulai saat pembelajaran itu berlangsung, seperti halnya yang terjadi pada MA Nurul Ikhlas Ambon. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan penilaian kinerja terhadap hasil belajar dan berapa besar hubungan penilaian kinerja terhadap hasil belajar biologi materi sistem sirkulasi pada manusia di Kelas XI MA Nurul Ikhlas Ambon. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe korelasional yang bertujuan untuk mengukur besarnya hubungan penilaian kinerja terhadap hasil belajar biologi materi sistem sirkulasi pada manusia di Kelas XI MA Nurul Ikhlas Ambon. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistik inferensial Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan penilaian kinerja terhadap hasil belajar biologi materi sistem sirkulasi pada manusia di kelas XI MA Nurul Ikhlas Ambon. Hasil tersebut diinterprestasikan nilai r = 0,67 masuk pada kategori sedang atau cukup yang mana menunjukkan bahwa hubungan penilaian kinerja terhadap hasil belajar biologi materi sistem sirkulasi pada manusia di kelas XI MA Nurul Ikhlas Ambon memiliki korelasi yang sedang atau cukup. Berdasarkan koefisien determinasi, maka besarnya sumbangan kebiasaan belajar siswayaitu 70,73%. Dengan demikian, besarnya sumbangan hubungan penilaian kinerja terhadap hasil belajar biologi materi sistem sirkulasi pada manusia di kelas XI MA Nurul Ikhlas Ambon sebesar 70,73% sedangkan 29,63% ditentukan oleh faktor lain seperti kemampuan konsep, kemampuan memahami materi, serta kemampuan bertanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Dr. M.Faqih Seknun, M.Pd Pembimbing II; Surati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hubungan Penilaian Kinerja Hasil belajar Biologi Sistem sirkulasi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:59
Last Modified: 24 Jun 2020 02:59
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/411

Actions (login required)

View Item View Item