Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas VII MTs Larike

Renhoat, Fauzia (2023) Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas VII MTs Larike. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I. III. V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FAUZIA RENHOAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita siswa kelas VII MTs Larike. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Larike yang diberikan soal tes. Tes dilakukan sebanyak dua kali, tes pertama yaitu penjaringan calon subjek yang diikuti seluruh siswa kelas VII MTs Larike, dengan jumlah soal 1 nomor dan hasil tes diperoleh 5 orang siswa mampu menyelesaikan soal tes. Selanjutnya 5 orang siswa tersebut diberikan soal tes kedua tentang penjaringan subjek dengan jumlah soal 1 nomor dan hasil tes diperoleh 3 orang siswa mampu menyelesaikan tes sesuai 4 indikator literasi matematika dan dilakukan wawancara. Kemudian diambil 2 orang siswa untuk dijadikan subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa mampu menyelesaikan soal tes sesuai 4 indikator kemampuan literasi matematika yaitu merumuskan masalah nyata dalam penyelesaian masalah dimana siswa menyelesaikan soal tes terlebih dahulu menuliskan informasi-informasi yang terdapat dalam soal, siswa juga membuat simbol matematika yang ada pada soal. Menggunakan matematika dalam penyelesaian masalah dimana siswa dalam menyelesaikan soal siswa membuat model matematika dari masalah tersebut dengan merujuk pada rumus selanjutnya disubtitusikan untuk mendapatkan persamaan baru. Menafsirkan solusi dalam penyelesaian masalah dimana siswa dalam menyelesaikan soal tes siswa menggunakan cara campuran yaitu eliminasi untuk persamaan pertama dan subtitusi untuk persamaan kedua. Mengevaluasi solusi dalam penyelesaian masalah dimana siswa dalam menyelesaikan soal tes siswa tidak menyimpulkan secara langsung soal yang diberikan pada pekerjaanya tetapi saat wawancara siswa dapat menyimpulkan dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Nur Apriani Nukuhaly, M.Pd / Syafruddin Kaliky, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Matematika, Soal Cerita
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 15 Dec 2023 01:38
Last Modified: 15 Dec 2023 01:38
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4162

Actions (login required)

View Item View Item