Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas IX di SMP PGRI Mawah di Dusun Mamua Desa Hila Kabupaten Maluku Tengah

Ode, Wa Halima (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas IX di SMP PGRI Mawah di Dusun Mamua Desa Hila Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (649kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (262kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kesulitan belajar membaca Al-Qur’an peserta didik kelas IX di SMP PGRI Mawah, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas IX di SMP PGRI Mawah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan 2 dua pendekatan yakni; 1) Pendekatan pedagogik 2) Pendekatan manajemen. Dilaksanakan dari tanggal 17 Juli sampai 19 Agustus 2023. Lokasi penelitian ini di SMP PGRI Mawah Dusun Mamua Desa Hila Kabupaten Maluku Tengah. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis pengumpulan data ini peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan serta diakhiri dengan pengecekan keabsahan data. Berdasakarkan hasil penelitian bahwa strategi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an bagi peserta didik cukup bagus menggunakan strategi efektif yaitu menekankan kepada siswa agar lebih aktif lagi di kelas. Strategi tersebut diantaranya yaitu TBTQ (tuntas baca tulis Al-Qur’an), strategi tutor sebaya, dan tadarrus Al-Qur’an yang diaplikasikan sebelum pembelajaran berlangsung di dalam kelas. Sedaangkan faktor penyebab kesulitan membaca Al-Qur’an terbagi menjadi 2 yaitu internal dan eksternal. Faktor internal seperti kurangnya motivasi dalam diri peserta didik dan malas dalam belajar, faktor eksternalnya yaitu lingkungan keluarga yang kurang mendukung, lingkungan teman permainan yang kurang memadai, serta waktu yang sangat terbatas. Faktor pendukungnya adalah tersedianya tempat belajar, buku-buku, iqro (Al-Qur’an) dan adanya dukungan yang baik dari pihak sekolah khususnya kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: La Adu, M.A / Hilaluddin Hanafi, M.A
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru PAI, Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:35
Last Modified: 21 Dec 2023 01:35
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4180

Actions (login required)

View Item View Item