Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi dengan Menggunakan Media Gambar dan Cerita Lokal Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI Di SD Negeri 04 Waesama Kabupaten Buru Selatan

Kasnita, Sri Asni F. (2023) Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi dengan Menggunakan Media Gambar dan Cerita Lokal Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI Di SD Negeri 04 Waesama Kabupaten Buru Selatan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Menulis merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam seluruh proses pembelajaran yang dialami peserta didik selama menuntut ilmu di sekolah. Menulis memerlukan keterampilan karena diperlukan latihan-latihan yang berkelanjutan dan terus menerus terutama dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mencakup aspek kemampuan yaitu: keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Tipe penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 31 Mei sampai 01 juli 2023. Adapun penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Sd Negeri 04 Waesama. Subjek dari penelitian adalah: peserta didik yang berjumlah 10 orang. Data dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan IBM SPSS Statistik 21. Instrument penelitian menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi. Data diperoleh dari nilai awal (Pretest) sebelum perlakuan dan nilai akhir (Posttest) setelah diberikan perlakuan. Data yang dipeloleh diolah dengan menggunakan uji t sampel Independen Sampel Test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Pretest 55,5 dan nilai rata-rata Posttest 66,0. Hasil uji hipotesis menunjukkan t-hitung lebih besar dari t-tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Uji N-gain menunjukkan nilai nilai sebesar 0,4 berada dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif rerata Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Dengan Menggunakan Media Gambar Dan Cerita Lokal Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI Di Sd Negeri 04 Waesama Kabupaten Buru Selatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan eksposisi sanggat efektif dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI di SD Negeri Waesama Kabupaten Buru Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Adam Latucongsina, M.Si / Pembimbing II : La Adu M.A.
Uncontrolled Keywords: Karangan Eksposisi Bahasa Indonesia
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:46
Last Modified: 21 Dec 2023 01:46
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4181

Actions (login required)

View Item View Item