Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open Ended Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Luhu

Yaluhun, Nur Hamida (2023) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open Ended Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Luhu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pendekatan open-ended adalah cara yang ditempuh pendidik untuk memahamkan siswa melalui permasalahan yang mempunyai banyak jawaban benar sehingga peserta didik dapat memformulasikan segala teori yang didapat untuk mendapat jawaban dengan berbagai metode atau cara. Permasalahan dalam penilitian ini yakni Apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran open ended terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII-1 SMP Muhmmdiyah Luhu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran open ended terhadap minat dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukakn adalah kuantitatif deskriptif. Dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Luhu yang terdiri dari 36 siswa. Variabel bebas : (X) Pendekatan Pembelajaran Open Ended Variabel terikat (Y1) Minat belajar siswa dan (Y2) Hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yaitu soal tes, angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data soal tes, lembar observasi, angket, dan, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan pendekatan open ended lebih efektif. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata minat belajar yang diperoleh siswa sebesar 65,72 dan rata-rata hasil belajar yang diperoleh sebesar 77,78. Kemudian terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan open ended terhadap minat dan hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah Luhu. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai Sig (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 (dengan taraf 5%). Maka, hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternative (H1) diterima. Hal ini berarti Pendekatan open ended mempengaruhi minat belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Luhu. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan open ended terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah Luhu. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai Sig (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 (dengan taraf 5%). Maka, hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternative (H1) diterima. Hal ini berarti Pendekatan open ended mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Luhu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Djaffar Lessy, M. Si., Ph. D / Pembimbing II : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Open Ended Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:07
Last Modified: 12 Jan 2024 03:07
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4218

Actions (login required)

View Item View Item