Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Scheme) pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika

Buton, Iskandar (2024) Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Scheme) pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pentingnya pemahaman konsep matematika, khususnya dalam meyelesaikan soal cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori APOS (Action, Process, Object, Scheme) pada materi barisan dan deret aritmatika pada siswa kelas XI IPS-1 MA Negeri Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas XI IPS-1. Instrumen penelitian yaang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar wawancara. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori APOS bervariasi . Pada tahap Aksi, ketiga siswa mampu memenuhi indikator pemahaman konsep yakni mendefinisikan konsep, mengenal berbagai interpretasi dan mampu menggunakan model dan simbol matematika. Pada tahap Proses kedua siswa dengan jawaban benar mampu memenuhi indikator pemahaman konsep yakni mengidentifikasi contoh, membandingkan konsep, dan mengenal syarat tertentu, sedangkan salah satu siswa dengan kemampuan rendah belum mencapai indikator pemahaman konsep siswa hanya mampu memberikan perbedaan konsep dan mengenal syarat tertentu. Pada tahap Objek kedua siswa dapat mengidentifikasi sifat - sifat sesuai konsep dan melakukan prosedur sesuai sifat - sifat sedangkan salah satu siswa belum dapat mengudentifikasi sifat - sifat sesuai konsep ini terlihat kesalahan siswa dalam mensubtitusi dan melakukan kesalahan dalam pengoperasian. Pada tahap Skema kedua siswa dapat memberikan kesimpulan artinya siswa mampu mengubah suatu bentuk representasi kebentuk yang lain sedangkan salah satu siswa pada hasil akhir kurang tepat dalam memberik kesimpulan artinya representasi yang dibuat kurang tepat hal ini dikarenakan penggunaan rumus yang salah dan kesalahan dalam pengoperasian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M .Pd. I., M. Pd. / Pembimbing II : Dina Amalya Lapele M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Teori APOS, Barisan dan Deret Aritmatika
Subjects: Pendidikan Matematika
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:07
Last Modified: 23 Jul 2024 02:26
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4231

Actions (login required)

View Item View Item