Proses Berpikir Siswa Melalui Zone Of Proximal Development (ZPD) dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Rumodar, Maya (2023) Proses Berpikir Siswa Melalui Zone Of Proximal Development (ZPD) dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Proses berpikir merupakan suatu proses yang melibatkan kegiatan mental yang dilakukan dalam diri siswa, dapat dikatakan bahwa proses berpikir ini merupakan proses dimana siswa mendapatkan informasi, mengolah informasi, serta menyimpulkan hasil dari pengelolaan informasi. Proses berpikir masing-masing siswa dalam belajar tentunya berbeda-beda, hal ini yang menyebabkan adanya perbedaan dalam kemampuan proses berpikir siswa. Zone of Proximal Development (ZPD) adalah jarak antara kemampuan siswa untuk melakukan tugas bahwa bimbingan orang dewasa dan atau dengan kolaboras teman sebaya dan pemecahan masalah secara mandiri sesuai kemampuan siswa Penelitian ni bertujuan untuk melihat proses berfikir siswa melalui . Zone of Proximal Development (ZPD) dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII-2 SMP Negeri 23 Ambon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini di ambil siswa kelas VIII -2 SMP Negeri 23 Ambon yang berjumlah 19 siswa yang kemudian terambil 3 siswa sebagai subjek penelitian. Instrument yang di gunakan pada penelitian ini yaitu observasi, soal tes, dan wawancara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan observasi soal tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa siswa dalam proses berpikir melalui Zone of Proximal Development (ZPD) mengalami proses berpikir yang berbeda-beda yaitu proses berpikir konseptual dimana siswa pada proses berpikir konseptual adalah siswa yang mamu memahami masalah serta mampu menyelesaikan masalah yang diberikan dengan menggunakan konsep yang pernah dopelajari serta siswa mampu memperbaiki kekeliruan jabawan ketika diberi petunjuk, proses berpikir semi konseptual yaitu siswa yang kurang mampu memahami masalah serta dalam proses penyelesaian masalah siswa kurang memperbaiki kekeliruan jawabannya, dan proses berpikir komputasional yaitu siswa yang dalam menyelesaikan masalah menggunakan intuisinaya saja tidak menggunakan konsep yang pernah dipelajari. Bersadarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 23 Ambon mengalami proses berpikir yang berbeda melalui ZPD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd / Pembimbing II : Syafruddin Kaliky, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:12
Last Modified: 04 Mar 2024 03:12
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4253

Actions (login required)

View Item View Item