Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) pada Materi Aljabar

Chintia, Cici Melawati (2023) Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) pada Materi Aljabar. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs), pemahaman konsep matematika siswa pada model pembelajaran CUPs dan pengaruh model pembelajaran CUPs terhadap pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ini adalah penelitian Mixed Method. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIa di MTs SBB. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan lembar angket. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal tes, wawancara, observasi, dan angket. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis data kuantitatif melalui uji test t, serta dalam teknik analisis data kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CUPs berpengaruh pada pemahaman konsep matematika siswa, siswa telah melalui pembelajaran dengan model pembelajaran CUPs dengan 7 tahapan pembelajaran, yaitu 1) pemecahan masalah individu, 2) pembentukan anggota kelompok triplet, 3) diskusi kelompok, 4) diskusi kelas, 5) pemilihan jawaban yang memenuhi indikator pemahaman konsep untuk siswa presentasikan, 6) penyempurnaan jawaban oleh guru dan penyampaian pendapat, dan 7) kesepakatan bersama siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep berdasarkan 5 indikator, yaitu 1) menyatakan ulang sebuah konsep, 2) mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, 3) menerapkan konsep dalam bentuk algoritma, 4) mengaitkan konsep, 5) menyajikan konsep dalam berbagai macam representasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIIIa MTs Negeri Seram Bagian Barat memiliki kemampuan pemahaman konsep yang tinggi pada materi aljabar dengan model pembelajaran CUPs sehingga model pembelajaran CUPs berpengaruh posistif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd / Pembimbing II : Dina Amalya Lapele, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Aljabar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:21
Last Modified: 05 Mar 2024 02:21
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4261

Actions (login required)

View Item View Item